Jumat, 10 Desember 2010

Profil ( Biodata ) Franky Sahilatua Franklin Hubert Sahilatua

Franky Sahilatua


Franklin Hubert Sahilatua
Laki-Laki
Surabaya, Jawa Timur, 16 Agustus 1953
Biografi :

Franky Sahilatua bernama lengkap Franklin Hubert Sahilatua, lahir di Surabaya, 16 Agustus 1953. Franky dikenal sebagai penyanyi balada dan juga aktifis sosial dan politik.

Bersama adiknya, Jane Franky cukup populer. Duet Franky&Jane telah merilis 15 album, di antaranya, Musim Bunga, Ali Topan, Kepada Angin dan Burung-burung, Panen Telah Datang dan Menyambut Musim Petik. Berikutnya Franky banyak merilis album solo dan mencipta lagu.

Lagunya Di Bawah Tiang Bendera diciptakannya bersama Iwan Fals pada 1996, dengan latar belakang peristiwa 27 Juli. Kemudian lagu Kemesraan juga dipopulerkan Iwan Fals, merupakan lagu karangannya bersama adiknya, Joni.

Selain itu, kini Franky banyak tampil sebagai aktifis sosial yang banyak memberikan kritiknya pada kebijakan-kebijakan yang tidak memihak pada rakyat baik melalui lagu maupun orasi-orasinya. Bahkan pada pemilu 2004, dirinya terang-terangan turut mendukung dan mengkampayekan calon presiden Amien Rais, sebagai calon presiden yang menurutnya paling bersih dibanding yang lain.

Setelah lama tidak terdengar kabar dari penyanyi yang khas dengan lirik lagu kontroversial ini, pada pertengahan Juli 2010, Franky dilarikan ke rumah sakit karena diduga menderita sakit batu ginjal. Franky sendiri mengaku sudah tidak tahan dengan sakit yang dirasakannya, sampai dirinya memaksa untuk masuk rumah sakit.
Selang dua minggu dari perawatannya di Rumah Sakit Bintaro, Franky diresmikan menderita kanker sumsum tulang belakang yang mengharuskannya dilarikan ke Singapura untuk perawatan lebih lanjut. Franky harus menjalani operasi dan kemoterapi dengan biaya yang sangat tinggi. Bahkan kabarnya beberapa alat yang digunakan untuk merawat Franky harus dilepas karena kurangnya biaya.

Oleh karena ini, beberapa teman dan sahabat sesama musisi dan seniman menggelar malam dana Tribute to Franky Sahilatua di Bengkel Cafe, SCBD, Jakarta pada Kamis 12 Agustus 2010. Acara ini dihadiri berbagai pihak mulai dari politisi, aktor dan aktris, sampai sesama musisi. Acara ini diprakarsai oleh Glenn Fredly, Dwiki Darmawan, Ebiet G. Ade dan Garin Nugroho. Dana yang terkumpul dari acara ini sementara dicatat sebesar Rp. 52.650.000, US$6420, dan 1050 dollar Singapura.

Pada Oktober 2010, Franky dinobatkan sebagai penerima penghargaan Lifetime Achievement Award yang diberikan SCTV Award 2010, atas semua perannya di dunia musik Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar